Wednesday, January 27, 2016

TIPS KELOLA GAJI

Hai para pembaca setia,

Hari ini saya akan sharingkan sedikit tips untuk kelola gaji/pendapatan, fenomena yang seringkali saya jumpai

"Duuh, susah kapan kayanya nih, punya gaji baru masuk udah habis... rasanya gaji cuman numpang lewat aja!", kira-kira seperti itu yang sering kali saya jumpai

Kebanyakan, pada saat terima gaji/income, digunakan untuk kebutuhan hidup, ya dong! Contohnya seperti makan, biaya bulanan, transportasi, komunikasi dll, tapiii... blm bayar cicilan sudah habis :(

Disilah pentingnya perencanaan keuangan, sehingga hal tersebut tetap berjalan lancar, namun segala kewajiban juga bisa tetap terpenuhi... caranya?

Yuk kita mulai pengelolaan yang sederhana ini, sederhana namun memiliki banyak manfaat loh, terutama untuk kebutuhan hidup ya :)

1. Alokasikan gaji untuk membayar cicilan dan hutang terlebih dahulu, besarnya cicilan maksimal sebesar 30% dari income ya, agar tidak mengganggu cashflow pribadi teman-teman
2. Segera tabung gaji anda sebesar 10%, dan usahakan ditabung di rekening terpisah ya (biasanya, ditarik terus... kapan ada tabungannya dong?, hehe)
3. Sisanya dapat anda gunakan untuk keperluan lain, seperti biaya bulanan dan lain-lain... eiitts, tp jangan dihabiskan gitu aja ya... tetap harus dilihat skala prioritasnya, gunakan secara bijak :)

Sekian tips pengelolaan gajinya yang sederhana ya, semoga dapat membantu teman-teman dalam pengelolaan keuangannya ya :)

Bila ada pertanyaan atau mau konsultasi silahkan hubungi :

Arie Satryawan, ST
081353354099 / 085737246640
Atau dapat mengirimkan email ke
ariesatryawan@yahoo.com

No comments:

Post a Comment