Sunday, February 28, 2016

3 tips cara menabung untuk persiapan kelahiran buah hati

Menabung untuk kelahiran anak, apalagi untuk biaya pendidikannya, adalah topik yang saat ini sedang hangat-hangatnya bagi saya. Sebagai orang tua yang bertanggung jawab, saya dan istri saya harus memastikan tempat tinggal, makanan, dan pendidikan – memberikan anak sebuah platform yang stabil yang dapat digunakan untuk memulai karir dan mimpi mereka.
Nah, bagaimana caranya membuat planning untuk tahun pertama anak pertama, kedua, dan seterusnya?
Mari kita mulai dengan menghitung biaya pengeluaran yang paling utama:
Okay, sekarang kita membutuhkan Rp. 72,660,000 /tahun untuk anak pertama. Itu berarti, untuk 3 orang anak, kita membutuhkan Rp. 217,980,000 – Gila! Tapi coba kita lihat cara meminimalisir biaya tersebut:
 1. Biaya Kesehatan
Gunakan asuransi kesehatan, biasanya, jumlah premi akan bertambah 10 -15% per anak. Misalkan premi tahunan untuk keluarga dengan 1 anak itu Rp. 10,000,000, maka premi untuk keluarga dengan dua anak menjadi Rp 11,250,000

2. Biaya Sekali Bayar

Anak pertama memang butuh pengeluaran yang banyak, tapi untuk anak-anak berikutnya, Anda bisa menggunakan kembali ranjang, stroller, dan matras anak pertama Anda dulu. Untuk pakaian: Andaikan anak kedua Anda punya jenis kelamin yang sama, baju dan celana anak pertama Anda bisa digunakan lagi.

3. Perawatan Anak
Apakah Anda benar-benar memerlukan 3 baby-sitteruntuk 3 orang anak? Hal ini bergantung pada keterlibatan dan pengalaman ibu dan pengasuh. Disini saya berasumsi bahwa 1 baby-sitter + 1 ibu + semua anggota keluarga dan teman sudah lebih dari cukup.

Jadi, bagaimanakah tabel pengeluaran kita untuk 3 anak?
Jadi sekarang, untuk 3 anak kita hanya menghabiskan sekitar Rp. 91,000,000 saja! Dengan kata lain, Anda telah berhasil menghemat hingga sebesar 58%! Atau sekitar Rp. 127,000,000 !!!
Kesimpulannya, Anda tidak perlu terlalu khawatir untuk memiliki lebih dari 1 anak. Anda bisa menghemat banyak sekali untuk anak kedua dan ketiga Anda dengan membuat keputusan yang benar dalam keuangan Anda.

Untuk berkonsultasi perencanaan biaya pendidikan terbaik buah hati anda hubungi, Financial Planner terbaik dan terpercaya :

Arie Satryawan, ST
Financial Advisor / Agency Manager
081353354099

No comments:

Post a Comment